RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : PKn
Materi
Pokok : Substansi
konstitusi negara
Kelas/Program : X
Pertemuan
Minggu ke : 15
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
Standar
KompetensI : 4. Menganalisis
hubungan dasar negara dengan konstitusi
Kompetensi
Dasar : 4.2. Menganalisis
susbtansi konstitusi negara
Indikator :
1. Menguraikan
unsur sebuah konstitusi dan macam-macam konstitusi
2. Menyimpulkan
ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3. Menganalisis
substansi konstitusi Indonesia
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menguraikan unsur sebuah konstitusi dan macam-macam konstitusi
2. Peserta
didik dapat menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
3. Peserta
didik dapat menganalisis substansi konstitusi Indonesia
B. Materi
Pokok Pembelajaran
·
Substansi konstitusi negara
·
Unsur sebuah konstitusi
·
Macam-macam konstitusi
·
Ciri konstitusi bagi negara tertentu
·
Substansi konstitusi Indonesia
C. Strategi
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek
lifeskill yang dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
Memberikan
salam siswa
Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan
Inti
-
Menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
-
Penjelasan materi
-
Tanya jawab
-
Latihan
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji
diri
|
3.
|
Penutup
Evaluasi
/ Tanya jawab
Penenangan
|
20’
|
Pengendalian
diri
|
D. Perangkat
Pembelajaran
·
Buku Kewarganegaraan SMK dan MAK
Erlangga Kelas X, karangan Retno Listyarti dan Setiadi. Hal 106-110.
·
Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan
Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5,
No. 1, Oktober 2005
·
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
·
Buku-Buku Sumber yang Relevan
·
Lembar Kerja Siswa
E. Penilaian
dan Tindak Lanjut
·
Penilaian Kognitif
·
Penilaian Afektif
Indralaya,
18 Maret 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
NIP.
Guru
Mata Pelajaran,
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar